Rahasia Minum Kopi 「Fair Baccarat」Tubruk agar Lebih Enak dan Harum

  • 时间:
  • 浏览:0

Takaran koFair Baccaratpi tubruk tersebut Fair BaccaratFair Baccaratdisarankan langsung oleh pemilik Amstirdam Coffee & Roastery, Sivaraja.

"Kalau misalnya mau harum, setelah dicampur air ketika gelasnya sudah penuh, itu ditutup dan didiamkan selama tiga menit karena waktu tiga menit pertama kita tidak bisa minum juga karena panas banget kan," jelas Sivaraja.

Baca juga:

KOMPAS.com - Kopi tubruk merupakan salah satu minuman yang bisa disantap kapan saja. Mulai dari pagi, siang, sore, atau malam hari.

Sivaraja menyarankan, kopi tubruk yang masih panas sebaiknya langsung ditutup dan dibiarkan dahulu.

Dok. Shutterstock/Raja Seni

Ilustrasi orang Indonesia minum kopi tubruk.

Jika ingin membuat kopi tubruk di rumah sendiri, kamu hanya perlu menyiapkan kopi gilingan medium sebanyak 10 gram dan air panas sebanyak 150 gram.

Bukan hanya takaran kopi tubruk, Sivaraja juga membagikan cara menyantap kopi tubruk agar lebih enak dan harum. Salah satunya adalah menyajikan kopi tubruk tanpa membuang ampasnya.

Ia mengatakan, kopi tubruk juga bisa dibuat dengan tambahan gula atau susu, lalu disajikan bersama gorengan.

Baca juga:

Selain bisa menyantapnya kapan saja, kopi tubruk juga bisa disantap di mana saja, seperti di rumah, warung kopi atau di beberapa rumah makan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

"Makanya kadang banyak orang yang kopinya habis diseduh, minumnya sedikit-sedikit karena ada perubahan dirasa. Jadi, mereka juga ikut menikmati perubahan rasa tetapi kalau sudah disaring dari panas sampai dingin, kurang lebih rasanya sama," jelas Sivaraja saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/9/2021).

"Aromanya kita serap di dalam gelas atau cangkir ya. Jadi, nanti waktu dibuka pas suhunya sudah lumayan turun, nanti harum," jelasnya.

Ia melanjutkan, menutup cangkir kopi tubruk dapat membuat aroma kopi tubruk lebih keluar dan harum saat diminum.

Ilustrasi gorengan.